30/03/2015

BERTUALANG KE ZAMAN PURBA DI MUSEUM GEOLOGI BANDUNG



Ingin menyusuri jejak kepurbakalaan di Indonesia?. Museum Geologi jawabannya. Museum yang terletak di Jalan Diponegoro, Nomor 57, kota Bandung ini, awalnya sebagai laboratorium dan tempat penyimpanan hasil penyelidikan geologi dan pertambangan di Indonesia. Lalu berkembang sebagai sarana pendidikan, penyedia berbagai informasi tentang ilmu kebumian, dan objek pariwisata.


Museum yang dikelola oleh Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral ini menyimpan dan mengelola materi geologi, seperti fosil; batuan; mineral, yang dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak 1850.

Di museum ini kita dapat menyaksikan jejak evolusi mamalia di Indonesia yang hidup pada jutaan tahun lalu lewat replika kerangka yang dipajang.
 
Salah satu koleksi yang menjadi pusat perhatian adalah replika fosil kerangka kadal raksasa pemakan daging yaitu Tayranosaurus atau T-Rex setinggi 6,5 meter dengan panjang 14 meter.
 
Replika Fosil T-Rex
Di ruangan lainnya anda akan menemukan kumpulan fosil tengkorak manusia purba yang ditemukan di Indonesia, antara lain Homo Sapiens, Pitekantropus Erectus, dan Homo Erectus.
Tengkorak Homo Erectus

Tertarik berwisata edukasi pra-sejarah?, silahkan singgahi museum ini yang letaknya beberapa meter dari Gedung Sate Bandung. (teks&foto: @arisrahmandi)