30/03/2015

MUSEUM POS INDONESIA BANDUNG



Bagi anda yang hobi surat menyurat pasti tak asing dengan perusahaan pos. NAH! di Bandung, Jawa Barat, terdapat museum yang memamerkan benda-benda pos bersejarah sejak jaman Hindia-Belanda.


Museum pos indonesia yang terletak di Jalan Cilaki no 73 Bandung, Jawa Barat yang juga bersebelahan dengan gedung sate di bagian timur itu menyajikan benda-benda pos bersejarah, antara lain: bis surat sejak jaman hindia-belanda, diorama, sepeda pengantar surat, perangko pertama di indonesia, perangko pertama di dunia, dan peralatan pos lainnya.



Museum yang didirikan sejak jaman penjajahan belanda di indonesia sekitar tahun 1931 awalnya hanya memamerkan perangko dari dalam dan luar negeri saja, namun seiring waktu, koleksi benda sejarah pun ditambah. lalu ketika perang dunia II pecah dan Indonesia diduduki Jepang, museum ini hampir terbengkalai. Lalu pada tahun 1983, museum ini kembali ditata.

Museum ini buka hari Senin hingga Jumat, pukul 9 hingga 16. Pengunjung yang datang ke museum ini tidak dipungut biaya alias gratis. Pengunjung cukup mengisi buku tamu saja. tertarik berwisata sambil memberikan wawasan sejarah kepada keluarga anda?, museum inilah jawabannya. (teks&foto: @arisrahmandi)
Video MUSEUM POS INDONESIA BANDUNG

No comments:

Post a Comment